LANGSA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Langsa H. Syahrul Thaib, SH, M. AP mempeusijuk (tepung tawar) kantor Gampong Geudubang Aceh Kec. Langsa Baro, Kota Langsa, Rabu (14/2).

Selain melakukan peusijuk, Sekda juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada sejumlah pengurus Tuha Peut yang baru periode 2018-2024.

Selain Sekda, dalam acara tersebut turut hadir sejumlah unsur OPD, Camat Langsa Baro, pendamping desa, perangkat gampong serta tamu undangan lainnya.

Geuchik Gampong Geudubang Aceh Hasanuddin dalam sambutannya mengatakan, peusijuk merupakan hal yang biasa dilakukan dalam masyarakat Aceh.

“Peusijuk memiliki makna yang penting, karena peusijuk merupakan adat istiadat masyarakat Aceh yang lazim dilaksanakan dalam setiap pembangunan, baik itu rumah, kantor dan lainnya” ujarnya.

Hasanuddin juga mengapresiasi kinerja Tuha Peut yang lama yang telah mengabdi, kepada Tuha Peut yang baru, dirinya berharap untuk dapat menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, Sekda Kota Langsa Syahrul Thaib saat memberikan sambutan mengatakan, antara Tuha Peut dan Geuhik harus dapat bersinergi dalam menjalankan program-program desa.

“Tuha Peut sebagai lembaga legeslatif Gampong, berfungsi untuk melakukan pengawasan, sedangkan Geuchik lembaga Eksekutifnya, atau pelaksana program, jadi kedua lembaga tersebut harus saling beriringan, jalan bersama, jangan mepertahankan ego masing – masing dalam membangun Gampong,” tuturnya.

Lanjutnya, Gampong sekarang tidak lagi sama dengan Gampong yang dulu, dari segi anggaran sudah disediakan oleh pemerintah untuk membangun Gampong menjadi lebih baik lagi.

“Gampong sekarang saya rasa tidak susah lagi seperti dulu, kalau dulu tidak ada dana, banyak mencari partisipasi atau sumbangan, kalau hari ini kita lihat uang ADG terus ditingkatkan setiap tahun,” jelasnya.

Untuk itu Syahrul berharap supaya pembangunan gampong dapat lebih ditingkatkan lagi, karena pemerintah gampong ini ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. (Yuni)