WONOSOBO – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo direncanakan akan hadir di daerah yang dijuluki Kota di Atas Awan yakni Kabupaten Wonosoba pada hari Senin (22/1/2024).

Kedatangannya ini bertujuan untuk menyerahkan sertifikat tanah masyarakat yang tinggal di Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Kebumen.

“Nantinya Presiden didampingi Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto akan menyerahkan sebanyak 3.000 sertifikat tanah,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Lampri dalam keterangannya, Sabtu (20/1/2024).

Sejumlah 3.000 sertifikat yang akan diserahkan, merupakan hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sukses dilaksanakan di tiga kabupaten. “3.000 sertifikat itu terbagi atas 1.650 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Wonosobo, 650 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Purworejo, dan 700 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Kebumen,” terang Lampri.

PTSL merupakan program revolusioner yang digagas oleh Presiden Joko Widodo sejak tahun 2017 yang bertujuan untuk mempercepat pendaftaran 126 juta bidang tanah yang ada di Indonesia. Dengan didaftarkannya seluruh bidang tanah di Indonesia, maka masyarakat memiliki kepastian hukum hak atas tanahnya dan dapat terhindar dari konflik dan sengketa pertanahan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden rencananya akan didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. “Akan hadir pula Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati, Gubernur, Bupati dari masing-masing wilayah, serta perwakilan dari jajaran pemerintah daerah,” tutur Lampri.

Adapun kegiatan penyerahan sertifikat ini nantinya akan dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Wonosobo. Kegiatan ini merupakan bagian dari kunjungan Presiden RI bersama Menteri ATR/Kepala BPN di Provinsi Jawa Tengah. Setelah dari Wonosobo Presiden juga diagendakan menyerahkan sertifikat di Kabupaten Gorobogan pada hari Selasa (23/1/2024).

Jurnalis: Angie