BATAM – Dharma Wanita Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan bhakti sosial kampanye peduli Kanker Serviks dan Kanker Payudara di Puskesmas Botania Batam Centre, pada hari Rabu lalu (25/10/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus dalam rangka menyambut Hari Oeang ke-71 yang jatuh setiap tanggal 30 Oktober setiap tahunnya, layanan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) secara gratis menjadi salah satu rangkaian acara yang dimulai sejak pukul 9 pagi kemarin.

Sesuai dengan Instruksi Organisasi Aksi Soladiritas Era Kabinet Kerja (OASE) yang menyampaikan bahwa bulan Oktober 2017 diperingati sebagai Bulan Deteksi Dini dengan thema “Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker”, Dharma Wanita setiap Kementrian dianjurkan untuk aktif menggelar test IVA ini.

Kurangnya kesadaran untuk deteksi dini menjadi salah satu penyebab tingginya kematian perempuan di Indonesia akibat kedua kanker ini. Oleh sebab itu Wida Hadiyanto istri Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemenkeu RI menganjurkan para wanita Indonesia untuk rajin melakukan periksa payudara sendiri (Sadari) dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis) sebagai antisipasi awal gejala kanker.

Wida menambahkan, kegiatan ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo agar warga lebih peduli menjaga kesehatan dan gaya hidupnya untuk mewujudkan pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia yang unggul, “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. sambung Wida.

Mewakili Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, dr. Jeni Irjani Komariah mengucapan terimakasih atas kegiatan ini karena penting untuk meningkatkan derajat kesehatan khususnya di Kota Batam. “Test IVA ini mudah, bisa dilakukan dimana saja”, jelas Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Batam ini. “Apabila setiap wanita itu memeriksa IVA ini satu tahun sekali saja, itu sudah bisa menolong kita mendeteksi secara dini (Kanker Serviks dan Payudra)”, lanjutnya.

Kepala Kanwil Direktorat Jendral Pajak (DJP) Riau dan Kepulauan Riau Jatnika mewakili pejabat Kemenkeu RI Perwakilan Kepulauan Riau dalam sambutannya mengapresiasi pihak-pihak yang telah bekerjasama mewujudkan kegiatan ini, “Acara ini akan kita laksanakan secara rutin setiap tahun dalam rangka peringatan hari OEANG”.

Layanan test IVA yang diselenggarakan cukup menarik perhatian. Sebanyak 80 orang peserta baik pegawai wanita, istri pegawai dan masyarakat umum mendaftarkan diri dalam pemeriksaan pengendalian Kanker Serviks dan Kanker Payudara ini. Sebelumnya para hadirin telah menerima materi singkat gejala dan bahaya Kanker Serviks dan Kanker Payudara yang disampaikan narasumber dari Dinkes Batam.

Pemberian plakat sebagai kenang-kenangan menjadi penutup acara yang diserahkan langsung perwakilan Dharma Wanita Kemenkeu RI Wida Hadiyanto kepada dr. Jeni mewakili Dinkes Batam. Selain Kota Batam, kegiatan ini dilaksanakan serentak di delapan Kota lainnya sepanjang bulan Oktober 2017 ini yaitu Banda Aceh, Yogyakarta, Denpasar, Makasar, Pontianak, Semarang dan Solo. (John)