Penampakan atap tribun formula e yang roboh diterpa angin. Dok: ist

JAKARTA – Insiden robohnya atap tribun penonton Sirkuit Formula E,Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada Jumat (28/5/2022) masih dalam penyelidikan Polda Metro Jaya.

Diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisin Endra Zulpan, saat ini polisi masih menyelidiki penyebab robohnya atap tribun itu. Namun, sementara ini, dia mengatakan, dugaannya disebabkan angin kencang saat hujan hari itu.

“Penyebabnya masih dalam penyelidikan. Penyebabnya itu kan sementara ini karena angin kencang karena hujan yang semalam itu, sementara itu,” kata Zulpan dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/5/2022).

Dia menegaskan dalam kejadian itu tidak menyebabkan korban jiwa. Ia pun menyarankan kepada panitia untuk memperhatikan aspek keselamatan di arena Formula E karena pelaksaan ajang balap mobil listrik itu akan digelar dalam waktu dekat.

“Masukannya agar lebih diperhatikan faktor keselamatan untuk penonton, mengingat waktu pelaksanaan tinggal satu minggu lagi,” jelas Zulpan.

Namun panitia balap Fomula E Jakarta tetap menjamin keamanan dan keselamatan penonton di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Jaminan keamanan dan keselamatan itu disampaikan Principle HSE Consultan dari FEO Richard Bates. Ia menjelaskan bahwa FEO bersama dengan PT Jakarta Propertindo atau JakPro memastikan bahwa atap tribun penonton yang ambruk akan terpasang kembali sesuai standar.

“Serta sangat layak, karena sudah sesuai standar internasional,” kata dia dalam konferensi pers di Pullman Hotel, Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2022).

Sebagai informasi, peristiwa  atap tribun Formula E ambruk ini sebelumnya diunggah oleh warganet di akun Facebook bernama Roby Byan Ant dan sempat viral. Dia mengunggah beberapa foto grand stand Formula E yang ambruk.

Terlihat bagian kerangkanya rusak, dan penutup putih tak lagi membentuk segitiga panjang. Gambar ini disandingkan dengan foto grand stand yang tak rusak.