Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. Dok: Hum

JAKARTA- Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menegaskan kepada kepala kantor pertanahan di seluruh Indonesia supaya sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sudah terselesaikan agar segera disampaikan kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Juru Bicara Menteri ATR/BPN Teguh Hari Prihartono kepada wartawan di Kementerian ATR/BPN, Selasa (19/7/2022).

Hari mendorong agar sertifikat tanab yang memang belum terselesaikan segera diselesaikan dan tidak ada hambatan lain.

“Semakin cepat proses-proses penyelesaian penyerahan sertifikat. Maka sekaligus akan mempercepat target yang sudah diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo,” kata dia kepada wartawan di Kementerian ATR/BPN, Selasa (19/7/2022) sore.

Dia juga mengatakan, secara bersamaan tentunya Menteri ATR/Kepala BPN menginginkan bahwa ketika dia (red) sendiri turun menyerahkan.

“Maka seluruh kantor pertanahan di seluruh Indonesia juga melakukan penyerahan sertifikat langsung kepada masyarakat,” tambahnya.

Hari menyebut, hampir setiap hari Menteri ATR/BPN selalu melakukan teleconfrance kepada pimpinan di berbagai daerah supaya semuanya dipercepat. Untuk menutup ruang bagi mafia tanah dalam memanfaatkan itu

“Setiap Menteri ATR turun dalam menyerahkan langsung sertifikat tanah, dia juga berpesan kepada masyarakat untuk menyimpan sertifikat sebaik-baiknya yang sudah diberikan dan menjaga dengan baik, ” ucapnya.

Ia berujar apabila masyarakat yang mau menggunakan sertifikat untuk kebutuhan sebagai permodalan dan usaha.

“Itu harus dilakukan dengan proses dengan benar melalui Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang sudah berkerjasama dengan pihak Kementerian ATR/BPN,” pungkas dia.

 

Jurnalis: Agung Nugroho