Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil terlihat bersama remaja Citayam Fashion Week, Eka Satria Saputra atau yang lebih dikenal dengan Bonge. Dok: Hum

DEPOK – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmikan Situ Rawa Kalong di Kota Depok yang telah selesai direvitalisasi, pada Jumat (5/8/2022).

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil terlihat bersama remaja Citayam Fashion Week, Eka Satria Saputra atau yang lebih dikenal dengan Bonge.

Ridwan Kamil dan Bonge nampak menjajal jembatan terapung (floating bridge) yang ada di Situ Rawa Kalong. Mereka menjadikan jembatan dan panggung apung sebagai tempat ‘catwalk’.

Dengan percaya diri, Bonge mengenakan blazer dan topi. Dia pun berjalan sambil melambaikan tangan kepada warga sekitar.

Tidak kalah dari Bonge, Ridwan Kamil tampil elegan memakai pakaian bergaya kasual, kemeja putih dibalut rompi dan topi laken putih.

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini berjalan di atas jembatan terapung dengan disaksikan warga yang hadir dalam peresmian tuntasnya revitalisasi situ yang memakan biaya Rp20 miliar.

Ridwan Kamil dan Bonge pun berlenggak-lenggok bak model di atas panggung terapung Situ Rawa Kalong hingga ke alun-alun jembatan terapung berwarna biru.

Hadirnya pemuda 17 tahun tersebut pada peresmian tersebut pun menjadi daya tarik yang semakin menambah kemeriahan acara.

“Siapa pun bisa kita ajak asal berikan pesan-pesan positif. Kalau Bonge hari ini viral karena ekpresinya. Kalau (Bonge dianggap) kurang, kita arahkan ke yang baik, kalau sudah baik, ya disempurnakan,” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Sementara itu, dalam video yang diunggah di Instagram miliknya, Ridwan Kamil memberi pesan kepada masyarakat yang ingin berkunjung ke Situ Rawa Kalong.

“Boleh nongkrong asal positif,” ujarnya, sebagaimana dikutip Oleh indonesiaparlemen.com dari Instagram @ridwankamil, pada Sabtu (6/8/2022).

Menurutnya, masyarakat diperbolehkan nongkrong atau berkumpul di Situ Rawa Kalong dengan syarat harus menjaga kebersihan dan menjaga ketertiban.

Situ Rawa Kalong yang dahulu merupakan wilayah kumuh, kini direvitalisasi menjadi objek wisata unik lantaran memiliki panggung di atas danau atau jembatan terapung.

“Situ Rawa Kalong Depok sudah menjadi ruang publik yang terdesain dan tertata dengan baik,” kata Kang Emil.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Jawa Barat ini meminta masyarakat Depok agar memanfaatkan Situ Rawa Kalong sebagai sumber irigasi dan pariwisata.

Pada peresmian tersebut, hadir pula jajaran pejabat Wali Kota Depok M Idris, perwakilan dari Kementerian PUPR dan juga Kepala Dinas Sumber Daya Air Jabar Dikky Achmad Sidik.

Di sisi lain, Bonge mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena telah membuat Situ Rawa Kalong menjadi lebih indah dan nyaman untuk dikunjungi masyarakat.

Bonge juga mengapresiasi kehadiran Ridwan Kamil yang secara langsung meresmikan Situ Rawa Kalong.

“Terima kasih Pak Gubernur sudah hadir di Kota Depok. Terima kasih juga Pak Wali Kota dan semuanya,” ucap Bonge.

Jurnalis: Rycko