Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Barat, Sri Pranoto. Dok: IP/Agung

JAKARTA- Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Barat miliki program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran) pada hari Sabtu-Minggu pukul 08.00-12.00.

Kepala Kantor Pertanahan Sri Pranoto mengatakan bahwa pihaknya memiliki layanan loket lounge prioritas ini khusus untuk pemohon langsung, disabilitas, pensiunan ASN, TNI-Polri.

“Loket khusus ini kita buat supaya masyarakat merasa nyaman dengan pelayanan pertanahan. Pihaknya juga ada penambahan pelayanan yakni Jasa Antar Sertifikat (JAS) ini dikhususkan untuk lansia dan pemohon disabilitas,* kata dia kepada wartawan di Kantor BPN Jakarta Barar, Rabu (24/8/2022).

Tidak hanya itu,  BPN Jakarta Barat juga mempunyai layanan home care yakni layanan yang jemput bola juga apabila masyarakat tidak paham informasi tentang pertanahan maka petugas akan datang kerumah untuk mengambil berkas.

“Kita juga memberikan informasi pelayanan pertanahan secara digital dan berintegritas kepada kantor wilayah Jakarta Kantor pertanahan juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengurusnya sendiri lebih mudah dan cepat, ” ucap Sri.

Dia mengatakan pelayanan akhir pekan ini sudah berjalan selama dua bulan. Sri mengaku, minat masyarakat pada hari Sabtu-Minggu semakin banyak.

“Kantor pertanahan juga berusaha memberikan edukasi secara luas. Jadi bagi masyarakat pada hari kerja tidak bisa mendatanginya. Maka kantor pertanahan ini akan buka pada Sabtu-Minggu,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho