Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan rumah dengan down payment (DP) 0 Rupiah di Menara Kanaya, Nuansa Cilangkap, Jakarta Timur, pada Kamis (8/9/2022).

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan rumah dengan down payment (DP) 0 Rupiah di Menara Kanaya, Nuansa Cilangkap, Jakarta Timur, pada Kamis (8/9/2022). Dia bersyukur 1.348 unit rumah DP 0 rupiah selesai dibangun.

“Akhirnya waktu pertama itu sekarang sudah tuntas menjadi sebuah bangunan yang luar biasa. tepuk tangan untuk semua yang bekerja hari ini,” ujarnya di Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022).

Dia menyampaikan, bahwa bangunan rumah susun yang saat ini diresmikan berjumlah 1.348 unit. Tingkat keterisian rumah susun itu juga mencapai hinggal 95 persen.

“Keterisian program DP 0 ini lebih tinggi daripada pasar, karena pasar, apartemen keterisiannya baru 70 persen, jadi dp 0 itu 95 persen, yang bikin apartemen rumah biasa itu baru 70 persen,” jelasnya.

Dia juga menyebut sudah ada 55 ribu orang yang mendaftar untuk ikut menikmati program DP Rp 0.

“Jadi DP Rp 0 ini sebuah skema yang menarik bagi swasta, workable. Sekarang ada 700 sedang antre, pembangunan 700 unit dan insya Allah tuntas 2024,” tegasnya.

Untuk itu, gubernur yang akan segera lengser pada Oktober itu berpesan agar penghuni rumah susun dengan DP Rp 0 itu dapat membuat rumah tersebut jadi tempat tinggal yang nyaman dan guyub.

“Membuat ini jadi sebuah rumah yang nyaman, kawasan yanh guyub, perkampungan yang saling men-support seperti namanya, Mayana, itu adalah tanggung jawab bapak ibu,” jelas dia.

“Itu tidak bisa dikerjakan oleh kami, karena kami hanya bisa bangun bangunannya, tapi suasananya tergantung bapak ibu sekalian. Apakah akan jadi individualistis, apakah akan jadi guyub, saling support, atau warga yang saling acuh? Bangunlah suasana yang baik, positif. Itu pesan yg saya ingin titipkan,” pungkasnya.

Jurnalis: Agung Nugroho