Ketua Dewan Perwakil Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Dok: Hum

JAKARTA – DPRD DKI Jakarta mengaku telah kantongi nama pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi A DPRD DKI membidangi Pemerintahan, Mujiyono yang menyebut ada satu nama yang segera diumumkan.

“Sudah ada satu calonnya, tapi tunggu dulu tiga hari (diumumkan resmi). Saya kasih bocoran yang lebih menguasai Jakarta adalah perwakilan pemerintah pusat di daerah,” kata Mujiyono kepada wartawan, di Jakarta, Minggu (11/9/2022).

Dia menyebut DPRD DKI sudah mengagendakan pembahasan usulan nama-nama calon untuk posisi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta dalam rapat pimpinan gabungan (rapimgab) pekan depan. Keputusan tetap ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pj Gubernur, kata dia, tidak hanya bisa ditentukan melalui selera, tetapi memahami betul teritorial serta kondisi Kota Jakarta. Pj Gubernur DKI mesti mampu menjalin komunikasi yang baik dengan anggota legislatif.

“Pintar atau enggak, pintarnya bareng-bareng. Kalau Sekda sendirian belum tentu. Tapi kalau perangkatnya ikut pintar, ya hasilnya juga akan baik. Tidak bisa ‘one man show’,” jelas dia.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, memastikan segera membahas tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta dalam rapimgab fraksi pada waktu mendatang.

“Saya akan panggil Sekwan (Sekretaris DPRD) dulu untuk dijadwalkan,” kata Prasetyo, Jumat (9/9/2022).

Prasetyo menjelaskan pihaknya akan menginstruksikan Sekretaris DPRD DKI terlebih dulu untuk mengatur jadwal rapimgab pada pekan mendatang.

Pada prinsipnya mekanisme rapimgab menjadi salah satu syarat untuk menjunjung tinggi azas kolektif kolegial yang ada di DPRD DKI Jakarta.