Kantor BPN Jakbar menyerahkan sejumlah sertifikat ke masyarakat, Senin (26/9/2022). Dok: IP/Agung

JAKARTA – Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Perrtanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Barat memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2022.

Kepala Kantor BPN Jakarta Barat, Sri Pranoto menyampaikan, dalam memperingati Hantaru 2022 ini secara diserahkan juga secara simbolis 10 sertifikat Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), 5 sertifikat tanah wakaf, 4 sertifikat Badan Milik Negara yakni Kemendikbud Risetdikti, BNPT, dan 19 sertifikat aset.

Dia berujar, pencapaian inii sesuai dengan arahan dari Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto untuk menargetkan 1900 sertifikat PTSL di tahun 2022 ini.

Kepala Kantor BPN Jakarta Barat, Sri Pranoto. Dok: IP/Agung

Kini, kata dia sudah 70% selesai dan bulan Oktober mendatang bisa diserahkan.

“Tanah yang akan di wakafkan yakini tempat ibadah kita juga sinergi dengan pemerintah daerah kemudian Pengadilan Agama. Sertifikat tanah wakaf tersebut berada di wilayah Jakarta Barat,” kata Sri Pranoto kepada wartawan dj Kantor Pertanahan Jakarta Barat, Senin (26/9/2022).

Dia menegaskan, pihaknya akan melakukan sertifikasi untuk tempat ibadah. Saat ini, kata dia, Berkas yang sudah masuk sebanyak 200 berkas dan sudah kita selesaikan 100.

“Bersinergi dengan Pemerintah Provinsi DKI kita termasuk kantor BPN paling banyak menyelesaikan aset di wilayah Jakbar,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho