Foto: ilustrasi penyerahan sertifikat tanah milik warga. Dok: ist

JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri kegiatan bagi-bagi sertifikat tanah hasil pendaftaran tanah sistemis lengkap (PTSL) pada Kamis (1/12/2022).

Kegiatan ini berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, secara tertutup. Pembagian sertifikat secara seremonial dilakukan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual.

“Di dalam acaranya Bapak Presiden (Jokowi), (Jokowi) di Istana,” kata Heru saat ditemui usai pembagian sertifikat.

Menurut dia, ada 150 warga Ibu Kota yang dihadirkan dalam acara bagi-bagi sertifikat ini. Seratusan orang penerima sertifikat diundang sebagai perwakilan penerima PTSL lain di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Heru tak mengungkapkan total penerima sertifikat tanah di Ibu Kota.

“Sebagian (penerima PTSL) ada di Jakarta, kami hadirkan 150 orang, mewakili warga Jakarta yang mendapatkan PTSL,” sebut dia.

“Yang lain sudah dibagikan langsung, ini kan untuk seremonial di sini,” kata Heru.

BPN DKI Telah Tercapai Program PTSL

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) DKI Jakarta Dwi Budi Martono menyebutkan, penerima program PTSL di Ibu Kota ditargetkan 1,6 juta orang pada 2015.

Target tersebut telah tercapai. Saat ini terdapat 1,8 juta warga yang telah menerima sertifikat tanah.

“Di DKI ditargetkan 1,6 juta (penerima PTSL). Namun, di 2019, 1,6 juta itu sudah tercapai dan per tahun ini sudah 1,8 juta sekian (menerima PTSL) sehingga sudah melebihi target,” tutur Budi.

Jurnalis: Agung Nugroho