Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) BPN Jakarta Barat, Pranoto membagikan ratusan sertifikat tanah di Duri Kosambi, Jakarta Barat. Dok: IP/Agung

JAKARTA – Kantor Badan Pertanahan (BPN) Jakarta Barat tahun 2022 menargetkan 2050 bidang sertifikat tanah dari program strategis nasional dari Pendaftran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Sebagai informasi, anggaran tersebut berasal dari dana hibah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk kegiatan PTSL.

Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) BPN Jakarta Barat, Pranoto membagikan ratusan sertifikat tanah. Misalnya di wilayah Kelurahan Duri Kosambi sebanyak 146 bidang tanah yang diserahkan. Dan 10 sertifikat tanah diantaranya diserahkan secara door to door.

“Diserahkannya sertifikat tanah tersebut bersama dengan Wali Kota (Walkot) Jakbar bukti suksesnya program strategis PTSL,” kata dia kepada wartawan di Kantor BPN, Jakarta Barat, Senin (19/12/2022).

Dia mengatakan, berkat didukung oleh sinergi yang baik dengan pemerintah daerah kota admintrasi Jakbar, Camat, Lurah dan RT/RW untuk ikut mensukseskan program PTSL.

Dia menyebut di tahun 2023 berdasarkan data yang sudah masuk terdapat 1500 berkas yang akan di jadikan target PTSL.

Program PTSL, kata dia, selain untuk menjamin kepastian hukum untuk kepemilikan warga juga untuk pencegahan mafia pertanahan di wilayah Jakbar.

“Kantor pertanahan Jakbar tahun ini baru dihibahkan dari pemprov DKI Jakarta. Dimana sebelumnya masih aset tanah pemprov. Selama berdiri nya kantah Jakbar seluas tanah 1600 bidang sertifikatnya hak pakai pemprov DKI Jakarta tahun ini dihibahkan menjadi milik Kementerian ATR/BPN,” pungkasnya.

Jurnalis: Agung Nugroho