Petugas PPSU membersihkan gorong-gorong. Dok: ist

JAKARTA – Camat Jatinegara Muchtar menginstruksikan pegawai Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk memantau genangan air di musim penghujan. Hal itu, dilaksanakan guna mengantisipasi banjir.

“PPSU selalu stand by 24 jam, Saya sudah arahkan tuh ke teman- teman Lurah agar di setiap tiap titik rawan banjir bantu teman-teman sektoral terutama rumah pompa,” kata Muchtar kepada Indonesiaparlemen.com, di Kantor Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (27/2/2023).

Selain itu, dia memastikan rumah- rumah pompa air selalu dilakukan pengecekan secara rutin agar dapat di pastikan berfungsi dengan baik.

“Saya tadi ke RW 11 Kelurahan Bidara Cina ke lokasi banjir. PPSU memang ada di lokasi, jadi mereka all out juga baik kirim bantuan ke warga maupun bantu penyedotan air pakai pompa air,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, kata Muchtar, di dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan jatinegara mendapat usulan skala prioritas mengenai perbaikan drainase.

“Hampir di semua RW usulannya perbaikan jalan dan saluran air bagi warga. Mungkin itu yang dibutuhkan, apalagi nanti pasca musim hujan akibat genangan air jalan hancur,” pungkas dia.

Jurnalis: Dirham/ Syarudin Akbar