Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Dok: ist

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov)DKI Jakarta akan membuat sumur resapan (sures) untuk mengatasi banjir di daerah Kamal, Kalideres, Jakarta Barat.

Hal ini dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada wartawan usai penanaman pohon di Taman Sensori Jalan Pandawa RT 08 RW 02 Kelurahan Kamal, Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (28/2/2023).

“Ya kan ini ada jalan, dibikin tali-tali air sedikit, sumur resapan kan di sini untuk nampung kan bagus kan. Jadi nanti tetep taman ada rumput bawahnya ada sumur resapan,” kata Heru.

Selain itu, Heru menyampaikan bahwa untuk menangani banjir di daerah Kamal, Kalideres, dia menginstruksikan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta juga perlu melakukan revitalisasi di saluran-saluran Kamal.

Saya minta kepala dinas dicatat nanti, Kepala Dinas SDA, untuk bisa merevitalisasi saluran-saluran di Kamal. Mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat,” jelas dia.

Lebih lanjut, Heru menuturkan bahwa sejumlah upaya jangka panjang penanganan banjir Jakarta seperti pembangunan sodetan dan normalisasi tengah dirampungkan.

“Berikutnya sebelum kurun waktu 3 bulan, sodetan sudah selesai. Berikutnya normalisasi kita jalankan,” kata dia.

Sebagai informasi, sumur resapan merupakan salah satu program penanganan banjir yang menjadi andalan Gubernur DKI Jakarta era kepemimpinan Anies Baswedan.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sebelumnya menuturkan bakal melanjutkan program sumur resapan pada 2023. Dinas Sumber Daya Air mengalokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk sumur resapan di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2023.

Jurnalis: Agung Nugroho