Kebakaran terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam. Dok: Polri

JAKARTA – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Administrasi Jakarta Utara bersama Tim Survey dan Pemetaan merespon arahan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto untuk meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Pihak BPN Jakarta utara langsung melakukan identifikasi bidang tanah terdampak atas peristiwa kebakaran yang terjadi Jumat (3/3/2023) yang lalu.

Kepala BPN Jakarta Utara Taufik Suroso mengatakan identifikasi dilakukan dengan menggunakan pesawat drone/UAV untuk memperoleh informasi spasial berupa foto udara wilayah atau area bidang tanah terdampak akibat kebakaran depo Pertamina Plumpang.

“Kemudian dilakukan analisis dengan cara meng-overlay-kannya pada peta pendaftaran Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara,” kata dia kepada Indonesiaparlemen.com di Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Dia mengungkapkan dari hasil kegiatan identifikasi tersebut diperoleh informasi bahwa terdapat setidaknya 82 bidang tanah di lokasi kebakaran dengan total luas bidang tanah 8.846 m2 pada area seluas 10.564 m2.

“Seluas lahan tersebut meliputi 34 bidang tanah di wilayah RT. 005 RW. 01 seluas 2.886 m2, 28 bidang tanah di wilayah RT. 006 RW. 01 seluas 3.207 m2 serta 20 bidang tanah di wilayah RT.012 RW.09 seluas 2.753 m2.,” pungkasnya.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) akan melakukan pendalaman terhadap kepemilikan lahan yang berada di sekitar kawasan Depo BBM Plumpang, Jakarta Utara.

Hal itu dikatakan Hadi Tjahjanto kepada wartawan usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Shangri-La, di Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Dia menyampaikan, terkait permasalahan tersebut  pihaknya telah memberikan instruksi kepada Kepala Kantor Pertanahan (Kakanta) Jakarta Utara untuk melakukan proses identifikasi lahan. Dari hasil tersebut, barulah Hadi akan menentukan sikap dalam membantu persoalan tersebut.

“Identifikasi mana yang dimilki rakyat, mana punya Pertamina. Itu mana saja silahkan diukur kemudian hasilnya nanti silahkan kasihkan ke saya sehingga saya bisa mengambil keputusan untuk membantu Pertamina, termasuk membantu masyarakat,” kata Hadi kepada wartawan.

Jurnalis: Agung Nugroho