JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta meminta maaf atas keterlambatan yang masih terjadi akibat longsor yang menutupi rel antara Stasiun Karanggandul – Stasiun Karangsari di wilayah Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (4/12/2023) dini hari.

Manajer humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, jalur hilir kini telah dibebaskan dari material longsor.

“Pada pukul 03.41 WIB dinyatakan bisa dilewati dengan kecepatan terbatas, dan pada saat itu juga KA Ranggajati sebagai KA yang pertama melewati jalur tersebut,” kata Ixfan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (5/12/2023).

Dia menyebut jalur hulu masih belum bisa dilalui KA dikarenakan masih tertutup longsor dan sedang dalam proses evakuasi tim terkait.

Ixfan menjelaskan untuk saat ini hanya 1 jalur KA yang sudah bisa dilewati dengan kecepatan terbatas dan bergantian.

“Operasional perjalanan KA sementara waktu menggunakan satu jalur (Jalur hilir) dan untuk beberapa KA yg akan melintas di petak jalan antara Stasiun Karanggandul – Stasiun Karangsari harus bergantian sampai dengan kedua jalur kembali normal,” Jelas Ixfan

Ixfan menambahkan, beberapa KA Jarak Jauh (KAJJ) yang berangkat dan datang menuju Jakarta juga mengalami kelambatan.

“KAI Daop 1 Jakarta kembali menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan KA, karena dampak kejadian tersebut mengakibatkan gangguan pelayanan dan kenayamanan,” pungkas Ixfan.

Jurnalis: Dewo